Minggu, 12 April 2020

Kisi-kisi Ujian Nasional SMP 2015/2016

Wawan Setiawan Tirta
Kisi-kisi soal Ujian Nasional adalah acuan dalam pengembangan dan perakitan soal UN yang disusun berdasarkan kriteria pencapaian kompetensi lulusan, standar isi, dan kurikulum yang berlaku.. Untuk Ujian nasional 2015 Badan Standar Nasional Pendidikan telah mengeluarkan Peraturan Badan Standar Nasional Pendidikan Nomor 0035/P/BSNP/IX/2015 tentang Kisi-Kisi Soal Ujian Nasional untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah (Peraturan BSNP Kisi-kisi UN Dasar Menengah 2015-2016). Untuk Unjian Nasional tahun 2015/2016 kisi-kisi yang disusun mempertimbangkan lingkup materi yang sama pada kurikulum 2006 dan kurikulum 2013. Seperti kita ketahui bahwa belum semua sekolah dapat melaksanakan kurikulum 2013 sehingga masih ada sekolah-sekolah yang menggunakan kurikulum 2006.

Salah satu poin yang perlu dicermati adalah Kisi-kisi soal UN disusun dengan mempertimbangkan lingkup materi yang sama pada kurikulum 2006 dan Krukulum 2013. Jadi materi UN 2016 merupakan irisan antara materi yang ada pada KTSP dan Kurikulum 2013. Sehingga materi yang diajarkan di KTSP tapi tidak diajarkan di Kurikulum 2013, tidak masuk kisi-kisi, dan sebaliknya.

Kisi-kisi Ujian Nasional 2015/2016 merupakan irisan dua kurikulum karena saat ini sedang berjalan penggunaan dua kurikulum di Indonesia, sehingga pemerintah memutuskan untuk hanya mengujikan materi yang dipelajari di kedua kurikulum tersebut. Siswa dari sekolah yang menggunakan Kurikulum 2006 dan siswa dari sekolah yang menggunakan Kurikulum 2013 akan mengerjakan soal yang sama.

Dengan telah dikeluarkannya peraturan tentang tentang Ujian Nasional dan juga kisi-kisi soalnya tentunya silahkan persiapkan diri dengan baik agar dapat melaksanakan Ujian Nasional tersebut. Berikut ini beberapa saran sebagai persiapan menghadapi Ujian Nasional.
  1. Ikuti program pembelajaran disekolah dengan baik
  2. Persiapkan diri dengan banyak berlatih dengan soal
  3. Belajar kelompok, bahas soal saling bantu
  4. Berdo’a dan mintalah do’a restu dari kedua orang tua
  5. Kumpulkan referensi materi ujian selengkap mungkin.
kisi soal Ujian Nasional adalah acuan dalam pengembangan dan perakitan soal UN yang disusu Kisi-kisi Ujian Nasional SMP 2015/2016
Untuk siswa Sekolah Menengah Pertama berikut ini saya tulis ulang kisi-kisi soalnya, jika masih kurang jelas silahkan kunjungi saja web BSNP. Bagi yang membutuhkan kisi-kisi dalam format .doc silahkan lihat di bagian akhir tulisan ini.

1. Bahasa Indonesia
Level KognitifMembaca NonsastraMembaca SastraMenulis TerbatasMenyunting Kata, Kalimat, ParagrafMenyunting Ejaan dan Tanda Baca
Pengetahuan dan pemahaman
Mengidentifikasi
Menentukan
Memaknai
Siswa mampu
  1. menentukan makna kata/kalimat pada teks
  2. menentukan informasi tersurat teks
  3. menentukan bagian
    teks
Siswa mampu
  1. menentukan makna kata dalam cerpen dan fabel
  2. menentukan makna tersurat dalam cerpen dan fabel
  3. menentukan bagian cerpen dan fabel
Siswa mampu melengkapi teks dengan kata atau kalimatSiswa mampu menunjukkan kesalahan penggunaan kata, kalimat, kepaduan paragrafSiswa mampu menunjukkan kesalahan penggunaan ejaan atau tanda baca
Aplikasi
Menunjukkan bukti
Menyimpulkan
Menemukan ide
Menginterpretasikan
Menggunakan
Menyusun
Siswa mampu
  1. menentukan ide pokok teks
  2. menyimpulkan isi teks
  3. menyimpulkan pendapat (pro/kontra)
  4. meringkas isi teks
Siswa mampu
  1. menyimpulkan makna simbol dalam cerpen dan fabel
  2. menyimpulkan isi tersirat dalam cerpen/fabel
  3. menyimpulkan sebab/akibat konflik
Siswa mampu
  1. menyusun urutan kalimat berbagai jenis teks
  2. melengkapi kata, kalimat, paragraf
Siswa mampu
  1. menggunakan istilah dalam kalimat
  2. menggunakan kata bentukan (mengisi sesuai kaidah bentukan kata)
Siswa mampu
  1. menggunakan ejaan
  2. menggunakan tanda baca
Penalaran
Mengevaluasi
Membandingkan
Menanggapi
Merefleksi
Siswa mampu
  1. membandingkan penggunaan bahasa dan pola penyajian beberapa jenis teks
  2. menilai keunggulan/ kelemahan karya sastra
Siswa mampu
  1. membandingkan pola pengembangan cerpen dan fabel
  2. membandingkan penggunaan bahasa cerpen dan fabel
  3. mengomentari isi, pola pengembangan/ bahasa
Siswa mampu
  1. mengubah teks ke dalam bentuk lain
  2. menulis teks singkat sesuai dengan konteks
Siswa mampu
  1. memperbaiki kesalahan penggunaan kata, kalimat, dan ketidakpaduan paragraf
  2. menentukan alasan kesalahan penggunaan kata, kalimat, dan ketidakpaduan paragraf
Siswa mampu
  1. memperbaiki kesalahan penggunaan ejaan dan tanda baca
  2. menentukan alasan kesalahan penggunaan ejaan dan tanda baca
Keterangan
Jenis teks yang digunakan adalah: Teks laporan, eksposisi, ulasan, biografi, prosedur, tanggapan kritis, cerpen, dan fabel

2. Bahasa Inggris
Level KognitifFungsi SosialStruktur TeksUnsur Kebahasaan
Pengetahuan dan Pemahaman
- Mengidentifikasi
Siswa mampu:
mengidentifikasi topik/tujuan teks fungsional pendek (pesan singkat, undangan,pengumuman, iklan, dan surat) dan esei pendek (deskriptif, prosedur, naratif, recount dan report)
Siswa mampu :
mengidentifikasi langkah kerja /urutan/alur/plot dari kejadian/peristiwa/ tindakan dalam teks fungsional pendek (pesan singkat, undangan,pengumuman, iklan, dan surat) dan esei pendek (deskriptif, prosedur, naratif, recount dan report)
Siswa mampu:
mengidentifikasi ungkapan/kata yang memiliki makna yang sama yang terdapat dalam teks fungsional pendek (pesan singkat, undangan,pengumuman, iklan, dan surat) dan esei pendek (deskriptif, prosedur, naratif, recount dan report)
    Aplikasi
    Mengklasifikasi
    Menentukan
    Menerapkan
    Siswa mampu :
    siswa mampu menerapkan fungsi detil
    dari setiap langkah /alat/peristiwa/ bagian/aspek yang ada disebutkan dalam
    teks dalam teks fungsional pendek (pesan
    singkat, undangan,pengumuman, iklan, dan surat) dan esei pendek (deskriptif, prosedur, naratif, recount dan report)
      Siswa mampu:
      siswa mampu menentukan susunan kata/kalimat acak dalam teks fungsional pendek (pesan singkat, undangan,pengumuman, iklan, dan surat) dan esei pendek (deskriptif, prosedur, naratif, recount dan report) yang tepat
        Siswa mampu:
        1. menentukan kata yang tepat untuk melengkapi teks dalam teks fungsional pendek (pesan singkat, undangan,pengumuman, iklan, dan surat) dan esei pendek (deskriptif, prosedur, naratif, recount dan report
        2. menentukan bentuk gramatika yang tepat sesuai konteks dalam teks dalam teks fungsional pendek (pesan singkat, undangan,pengumuman, iklan, dan surat) dan esei pendek (deskriptif, prosedur, naratif, recount dan report)
        Penalaran
        menyimpulkan
        menganalis
        Siswa mampu:
        menyimpulkan fungsi/ akibat/efek setelah membaca teks dalam teks fungsional pendek (pesan singkat, undangan,pengumuman, iklan, dan surat) dan esei pendek (deskriptif, prosedur, naratif, recount dan report
        Siswa mampu :
        menyimpulkan hasil dari langkahlangkah tindakan yang terdapat dalam teks dalam teks fungsional pendek (pesan singkat, undangan,pengumuman, iklan, dan surat) dan esei pendek (deskriptif, prosedur, naratif, recount dan report
        -
        Pengetahuan dan pemahaman
        - Mengidentifikasi
        Siswa dapat:
        Mengidentifikasi topik/tujuan teks
        fungsional pendek
        - Invitation
        - Announcement
        - Advertisement
        - Letter;
        Esai pendek
        - Descriptive
        - Procedure
        - Recount
        - Narrative
        - Report
        Siswa dapat :
        Mengidentifikasi
        langkah kerja
        /urutan/alur/plot dari
        kejadian/peristiwa/ tindakan dalam teks
        esai pendek:
        - Procedure
        - Recount
        - Narrative
        - Descriptive
        - Report
        Siswa dapat:
        Mengidentifikasi ungkapan/kata yang
        memiliki makna yang sama dalam teks
        fungsional pendek
        - Invitation
        - Announcement
        - Advertisement
        - Letter;
        Esai pendek
        - Descriptive
        - Procedure
        - Recount
        - Narrative
        - Report
        Menentukan kata atau bentuk gramatika
        yang tepat untuk melengkapi teks esai
        pendek
        - Narrative
        - Recount
        - Procedure
        Penerapan
        Mengklasifikasi
        Menentukan
        menerapkan
        Siswa dapat :
        - Menerapkan fungsi detil dari setiap langkah /alat/peristiwa/ bagian/aspek
        yang ada disebutkan dalam teks fungsional pendek
        - invitation
        - announcement
        - advertisement
        - Letter;
        Esai pendek
        - Descriptive
        - Procedure
        - Recount
        - Narrative
        - Report
        Siswa dapat:
        - Menjelaskan keterkaitan antara langkah satu dengan yang lainnya dalam teks fungsional pendek
        - Invitation
        - Announcement
        - Advertisement
        - Letter;
        Esai pendek
        - Descriptive
        - Procedure
        - Recount
        - Narrative
        - Report
        - Menentukan susunan kata yang tepat dalam kalimat yang terdapat dalam teks
        esai pendek
        - Descriptive
        - Procedure
        - Recount
        - Narrative
        - Report
        -
        Penalaran
        menyimpulkan
        menganalisis
        Siswa dapat:
        - Menentukan akibat setelah membaca teks fungsional pendek
        - Invitation
        - Announcement
        - Advertisement
        - Letter;
        Esai pendek
        - Descriptive
        - Procedure
        - Recount
        - Narrative
        - Report
        Siswa dapat :
        - Menyimpulkan hasil dari langkah yang
        dilakukan atau tidak dilakukan dalam teks fungsional pendek
        - Invitation
        - Announcement
        - Advertisement
        - Letter;
        Esai pendek
        - Descriptive
        - Procedure
        - Recount
        - Narrative
        - Report
        -

        3. Matematika
        Level KognitifMakhluk hidup dan lingkungannyaAljabarStruktur dan fungsi makhluk hidupStatistika dan Peluang
        Pengetahuan dan
        Pemahaman
        Mendeskripsikan
        Membuat tabulasi
        Menghitung
        Menginterpretasi
        Memprediksi
        Menentukan
        Siswa dapat memahami
        pengetahuan tentang:
        1. operasi bilangan bulat dan sifat-sifatnya
        2. operasi bilangan pecahan dan sifat-sifatnya
        3. operasi bilangan berpangkat dan sifat-sifatnya
        4. operasi bilangan bentuk akar dan sifat-sifatnya
        5. pola barisan bilangan
        6. barisan dan deret
        7. aritmetika sosial
        8. - perbandingan
        Siswa dapat memahami
        pengetahuan tentang:
        1. bentuk aljabar
        2. persamaan dan pertidaksamaan linier satu variabel
        3. sistem persamaan linier dua variabel
        4. himpunan dan diagram venn
        5. relasi atau fungsi
        6. persamaan garis lurus
        Siswa dapat memahami pengetahuan tentang:
        1. hubungan garis dan sudut serta ukurannya
        2. konsep segiempat dan segitiga serta ukurannya
        3. teorema pythagoras
        4. unsur/bagian lingkaran serta ukurannya
        5. unsur bangun ruang sisi datar maupun lengkung
        6. luas permukaan dan volume bangun ruang sisi datar maupun lengkung
        7. kesebangunan dan kongruen bangun datar
        Siswa dapat memahami
        pengetahuan tentang:
        1. menyajikan dan mendeskripsikan data dalam bentuk diagram batang, garis atau lingkaran
        2. rata-rata, median, modus
        3. titik sampel, ruang sampel dan peluang
        Aplikasi
        Mengklasifikasi
        Mengeskperimen data
        Mengonstruk
        Menyelesaikan masalah
        Siswa dapat mengaplikasikan
        pengetahuan tentang:
        1. operasi bilangan bulat dan sifat-sifatnya
        2. operasi bilangan pecahan dan sifat-sifatnya
        3. operasi bilangan berpangkat dan sifat-sifatnya
        4. operasi bilangan bentuk akar dan sifat-sifatnya
        5. pola barisan bilangan
        6. perbandingan
        7. aritmetika sosial
        Siswa dapat mengaplikasikan
        pengetahuan tentang:
        1. persamaan dan pertidaksamaan linier satu variabel
        2. operasi dua himpunan
        3. relasi atau fungsi
        4. persamaan garis lurus
        5. sistem persamaan linier dua variabel
        Siswa dapat mengaplikasikan
        pengetahuan tentang:
        1. teorema Pythagoras
        2. unsur-unsur/bagian lingkaran
        3. unsur-unsur bangun ruang
        4. kesebangunan dan kekongruenan segitiga
        5. luas permukaan dan volume bangun ruang sisi datar maupun lengkung
        Siswa dapat mengaplikasikan
        pengetahuan tentang:
        1. rata-rata, median, modus
        2. penyajian data dalam bentuk diagram batang, garis atau lingkaran
        3. ruang sampel dan peluang sederhana
        Penalaran
        Menjelaskan
        Membedakan
        Menafsirkan
        Menyimpulkan
        Siswa mampu menggunakan nalar
        yang berkaitan dengan:
        - bilangan bulat
        - pecahan
        - barisan dan deret
        - aritmetika sosial
        - perbandingan
        Siswa mampu menggunakan
        nalar yang berkaitan dengan:
        1. persamaan linier dua variabel
        2. penggunaan konsep himpunan
        3. penggunaan konsep fungsi
        Siswa mampu menggunakan
        nalar yang berkaitan dengan: kesebangunan segitiga
        Siswa mampu menggunakan
        nalar yang berkaitan
        dengan:
        1. - rata-rata, median,
        2. modus
        3. - penyajian data dalam
        4. bentuk diagram batang,
        5. garis atau lingkaran

        4. Ilmu Pengetahuan Alam
        4.1. Biologi
        Level KognitifMakhluk hidup dan lingkungannyaStruktur dan fungsi makhluk hidup
        Pengetahuan
        Mengidentifikasi
        Mendeskripsikan
        Mengklasifikasi
        Menunjukkan
        Menjelaskan
        Menentukan
        Siswa mampu memahami dan menguasai konsep:
        1. gejala alam biotik dan abiotik
        2. ciri-ciri/karakteristik makhluk hidup
        3. keragaman pada sistem organisasi kehidupan
        4. interaksi antara makhluk hidup dan lingkungan
        Siswa mampu memahami dan menguasai konsep:
        1. sistem gerak pada manusia
        2. sistem pencernaan manusia
        3. sistem peredaran darah
        4. sistem pernafasan
        5. sistem ekskresi
        6. sistem reprodusi manusia
        7. jaringan tumbuhan
        8. kelangsungan hidup organisme melalui kemampuan bereproduksi
        Aplikasi
        Memberi contoh
        Menyimpulkan
        Menerapkan
        Menghubungkan
        Memprediksi
        Membandingkan
        Siswa mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang:
        1. interaksi antara makhluk hidup dan lingkungan
        2. kepadatan populasi manusia
        3. pencemaran lingkungan
        4. alat untuk mengenal gejala-gejala kehidupan
        5. prosedur pengklasifikasian makhluk hidup
        Siswa mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang:
        1. faktor-faktor yang berpengaruh pada sistem gerak
        2. percobaan dalam sistem pencernaan
        3. mekanisme peredaran darah
        4. percobaan sistem pernapasan
        5. menjaga kesehatan sistem ekskresi
        6. kelainan dan penyakit pada sistem reproduksi manusia
        7. keterkaitan struktur dan fungsi jaringan tumbuhan
        8. percobaan fotosintesis
        9. kelangsungan hidup organisme melalui kemampuan bereproduksi
        Penalaran
        Menganalisis
        Mensintesis
        Mengevaluasi
        Menilai
        Memperpimbangkan
        Memecahkan masalah
        Memberi argumen
        Siswa mampu menggunakan nalar dalam mengkaji:
        1. pengelolaan lingkungan untuk mengatasi pencemaran dan kerusakan lingkungan
        2. dampak interaksi makluk hidup dan lingkungannya
        3. pengaruh kepadatan populasi manusia pada makhluk hidup dan lingkungannya
        Siswa mampu menggunakan nalar dalam mengkaji:
        1. keterkaitan antara sistem organ pada manusia
        2. keterkaitan antara struktur dan fungsi jaringan pada tumbuhan
        3. pola hidup sehat
        4. manfaat perkembangbiakan tumbuhan dan hewan untuk kesejahteraan manusia
        5. percobaan fotosintesis

        4.2. Fisika/Kimia
        Level KognitifPengukuran, zat dan sifatnyaMekanika dan Tata SuryaGelombang, Listrik dan Magnet
        Pengetahuan dan
        pemahaman
        Mengidentifikasi
        Menyebutkan
        Menunjukkan
        Membedakan
        Mengelompokkan
        Menjelaskan
        Siswa mampu memahami tentang:
        1. pengukuran
        2. besaran dan satuan
        3. konsep zat dan wujudnya
        4. zat serta perubahannya
        5. zat aditif, zat adiktif, dan psikotropika
        6. partikel zat
        7. pencemaran
        8. campuran
        9. larutan
        Siswa mampu memahami tentang:
        1. gerak lurus
        2. hukum newton
        3. usaha dan energi
        4. pesawat sederhana
        5. suhu dan kalor
        6. tekanan
        7. tata surya
        Siswa mampu memahami tentang:
        1. getaran dan gelombang
        2. bunyi
        3. optik
        4. listrik dan magnet
        Aplikasi
        Mengklasifikasi
        Menginterpretasi
        Menghitung
        Mendeskripsikan
        Memprediksi
        Mengurutkan
        Membandingkan
        Menerapkan
        Memodifikasi
        Siswa mampu mengaplikasikan
        pengetahuan tentang:
        1. pengukuran
        2. konsep zat dan wujudnya
        3. zat serta perubahannya
        4. zat aditif, zat adiktif, dan psikotropika
        5. partikel zat
        6. pencemaran
        7. campuran
        8. larutan
        Siswa mampu mengaplikasikan pengetahuan
        tentang:
        1. gerak lurus
        2. hukum newton
        3. usaha dan energi
        4. pesawat sederhana
        5. suhu dan kalor
        6. tekanan
        7. tata surya
        Siswa mampu mengaplikasikan
        pengetahuan tentang:
        1. getaran dan gelombang
        2. bunyi
        3. optik
        4. listrik dan magnet
        Penalaran dan logika
        Menemukan
        Menyimpulkan
        Menggabungkan
        Menganalisis
        Memecahkan masalah
        Merumuskan
        Siswa mampu bernalar tentang:
        1. pengukuran
        2. konsep zat dan wujudnya
        3. zat serta perubahannya
        4. zat aditif, zat adiktif, dan psikotropika
        5. partikel zat
        6. pencemaran
        7. campuran
        8. larutan
        Siswa mampu bernalar tentang:
        1. gerak lurus
        2. hukum newton
        3. usaha dan energi
        4. pesawat sederhana
        5. tekanan
        6. suhu dan kalor
        Siswa mampu bernalar tentang:
        1. getaran dan gelombang
        2. bunyi
        3. optik
        4. listrik dan magnet

        Bagi yang membutuhkan file format.doc silahkan unduh filenya.

        Tidak ada cara lain yang lebih baik dalam menghadapi Ujian Nasional selain belajar dengan tekun dan berusaha sebaik mungkin. Perjuangan saat ini akan menjadi batu pijakan untuk langkah selanjutnya. Semoga sukses !