Sabtu, 18 April 2020

Perbedaan Iklan Media Cetak dan Iklan Media Elektronik

Wawan Setiawan Tirta
Pada dasarnya tujuan utama iklan adalah agar masyarakat mau membeli produk tersebut. Agar masyarakat tertarik untuk membeli produk tersebut maka iklan dibuat semenarik mungkin
dan seefektif mungkin. Iklan memiliki peranan yang sangat penting dalam memasarkan produk agar dapat dikenal oleh masyarakat.

Berdasarkan media yang digunakan iklan dapat dikelompokkan menjadi iklan media elektronik dan iklan  Ikmedia cetak. Iklan cetak adalah iklan yang penyebarannya dilakukan melalui media cetak. Contoh iklan cetak antara lain; poster, spanduk, baliho, reklame, iklan baris di koran, flyer atau selebaran.

Sedangkan eklan elektronik adalah iklan yang penyebarannya melalui media elektronik. Contoh dari iklan elektronik antara lain; iklan di TV, iklan di radio, iklan di Internet. Iklan di internet ini masih terbagi menjadi beberapa jenis, antar lain; banner, iklan baris, straming dll.

Tuliskan perbedaan antara iklan media cetak dan iklan media elektronik. Samakan pendapatmu dengan pendapat temanmu. Apabila kamu menemukan pendapat yang berbeda lengkapi pendapatmu dengan pendapat temanmu.

Iklan Media ElektronikIklan Media Cetak
  1. Iklan hanya sekilas dan berlangsung pada saat itu saja.
  2. Menggunakan indera pengelihatan dan pendengaran.
  3. Menggunakan gambar bergerak dan menggunakan suara
  4. Liputan bersifat informatif dengan narasi yang cukup panjang.
  5. Bersifat langsung dan nyata, serta dapat menyajikan kejadian yang sebenarnya.
  1. Iklan media cetak bisa dibaca atau dilihat kapan saja/berulang-ulang
  2. Iklan media cetak hanya ditangkap menggunakan indera pengelihatan
  3. Iklan media cetak hanya menggunakan gambar diam dan tidak ada suara.
  4. Penggunaan kalimat dalam media cetak terbatas hanya beberapa baris saja.
  5. Iklan media cetak hanya menyajikan gambar dan tulisan saja.

Persamaan : Keduanya punya tujuan yang sama yaitu memberikan informasi atau promosi kepada khalayak tentang suatu produk/jasa .

Ayo Berdiskusi
Bentuklah sebuah kelompok yang terdiri atas empat siswa. Gunakan kertasgambar A4 dan bagilah menjadi tiga kolom seperti di bawah ini. Diskusikan dengan teman sekelompokmu tentang iklan-iklan yang pernah dilihat/ ditonton, jenis iklan (iklan media cetak atau elektronik), dan alasan kamu mengelompokkannya dalam media tersebut.
Nama IklanMedia
(Cetak/Elektronik (Radio
atau Televisi))
Alasan Pemilihan Media
Closeup-Fire-Freeze
Pada dasarnya tujuan utama iklan adalah agar masyarakat mau membeli produk tersebut Perbedaan Iklan Media Cetak dan Iklan Media Elektronik
Media cetak Hanya menggunakan gambar dan tulisan
Iklan Unilever Corporate Ramadhan 2018
Pada dasarnya tujuan utama iklan adalah agar masyarakat mau membeli produk tersebut Perbedaan Iklan Media Cetak dan Iklan Media Elektronik
Elktronik (Televisi)Menggunakan gambar bergerak
Mnggunakan suara
Iklan Sabun Livebuoy
Pada dasarnya tujuan utama iklan adalah agar masyarakat mau membeli produk tersebut Perbedaan Iklan Media Cetak dan Iklan Media Elektronik
Media cetakHanya menggunakan gambar dan tulisan
Iklan Advan i6 Powered Full View Display
Pada dasarnya tujuan utama iklan adalah agar masyarakat mau membeli produk tersebut Perbedaan Iklan Media Cetak dan Iklan Media Elektronik
Elktronik (Internet)Menggunakan gambar bergerak
Menggunakan suara
Ayo Mengamati
Kamu akan mengamati temanmu memeragakan iklan yang pernah mereka lihat di televisi. Ikuti langkah-langkah berikut ini.

1. PIlihlah siswa yang akan memeragakan iklan. Pastikan iklan yang dipilih adalah iklan yang menggunakan bahasa Indonesia yang benar dan iklan tersebut pantas untuk dipertunjukkan.

2. Berikan tanggapan dalam bentuk berikut ini.
  • Saya pernah/tidak pernah melihat/mendengar iklan tersebut.
  • Jika saya mengingat iklan tersebut, maka hal yang saya ingat adalah
  • Jika saya mengingat iklan tersebut, maka hal yang paling menarik dari
  • iklan itu adalah

Dari kegiatan di atas, apa yang dapat kamu simpulkan? Tuliskan kesimpulanmu (perhatikan tanggapanmu pada poin kedua dan ketiga). Gunakan tanggapan tersebut sebagai bahan untuk membuat kesimpulan